Pages

Subscribe:

Sabtu, 08 Desember 2012

Sifat Muatan Listrik


Sifat Muatan Listrik

1. Benda bermuatan sejenis tolak menolak dan yang berbeda jenis tarik menarik
 
Kita sudah mengetahui bahwa sebuah benda dapat dibuat menjadi bermuatan istrik, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Apakah yang terjadi jika benda bermuatan positif didekatkan benda bermuatan positif lainnya atau dengan benda bermuatan negatif.
                      
2. Medan Listrik
Medan listrik digambarkan sebagai garis-garis gaya listrik yang meiliki anak panah. Anak panah menunjukkan arah perpindahan muatan listrik dalam suatu medan listrik.  Muatan positif memiliki arah panah ke luar, karena elektron meninggalkan benda tersebut sehingga menjadi kekurangan elektron. Sebaliknya muatan negatif memiliki arah panah ke dalam, karena elektron masuk ke benda tersebut sehingga menjadi bermuatan negatif. Sekarang menjadi jelas kenapa muatan sejenis tolak-menolak dan muatan tidak sejenis akan tarik menarik.
                    
3. Induksi Listrik
Kita mengetahui bahwa sisir yang digosokkan pada rambut kering kita, dapat menarik potongan kertas tisu. Hal ini terjadi karena adanya induksi listrik. Apakah induksi listrik itu? Induksi listrik adalah peristiwa pemisahan muatan listrik pada suatu benda karena didekati benda bermuatan listrik. Sebuah benda netral (tidak bermuatan) jika didekati benda bermuatan positif, maka muatan negatif dalam benda tersebut akan ditarik sampai pada jarak terdekat. Sebaliknya muatan negatif akan ditolak sampai pada jarak terjauh. Akhirnya pada benda tersebut muatan positif dan negatifnya akan terpisah dan itulah yang disebut induksi listrik. Peristiwa inilah yang terjadi pada potongan kertas tissu yang didekati dengan sisir plastik yang bermuatan negatif. Setelah terjadi induksi maka akan terjadi gaya tarik menarik antara sisir dan tissu, karena potongan tissu sangat ringan maka akan menempel di sisir.
            
4. Elekroskop
Sifat induksi listik ini juga digunakan pada elektroskop. Elekroskop adalah alat untuk mengetahui /mendeteksi benda bermutan listrik.
Sebuah elektroskop terdiri dari kepala logam, batang logam, dan daun/pelat elektroskop yang berada dalam ruang kaca.  Cara kerjanya menggunakan prinsip induksi listrik. Apabila muatan positif didekatkan pada kepala logam, maka elektroskop akan terjadi induksi listrik. Muatan negatif dalam elektroskop akan ditarik menuju ke kepala logam dan muatan negatif dalam elektroskop akan ditolak menuju daun elektroskop. Karena kedua daun elektroskop bermuatan sama, akan tolak menolak. Yang terlihat pada elektroskop adalah kedua daun akan mekar.

1 komentar: