Pages

Subscribe:

Sabtu, 08 Desember 2012

Pesawat Penerima Radio

Pesawat Penerima Radio

Pesawat penerima radio adalah peralatan elektronika yang berfungsi menerima gelombang dari pemancar radio, kemudian memprosesnya sehingga dapat didengar oleh kita.

Macam-macam Pesawat Penerima Radio

Macam-macam Pesawat penerima radio dapat dibedakan berdasarkan karakteristik dari masing-masing pesawat. Dari hal tersebut, dibagi menjadi tiga macam;

1.      Pemerima Radio AM
Radio ini dinamakan AM karena yang dimodulasi adalah Amplitudonya (Amplitudo Modulasi). Pemerima Radio AM yaitu radio yang hanya dapat menerima gelombang yang berasal dari pemancar AM. Sehingga jika kita ingin mendengarkan lagu atau informasi dari radio FM, sementara kita hanya mempunyai pemerima radio AM, tentunya tidak bisa.

Ciri-ciri Radio AM adalah :
a.     Daya jangkauan gelombangnya jauh/ luas
b.     Suaranya kurang jernih
c.      Menggunakan gelombang langit
d.     Bisa terganggu oleh cuaca

2.      Pemerima Radio FM
Radio ini dinamakan FM karena yang dimodulasi adalah Frekuensinya (Frequency Modulation). Pemerima Radio FM yaitu radio yang hanya dapat menerima gelombang yang berasal dari pemancar FM. Sehingga jika kita ingin mendengarkan lagu atau informasi dari radio AM, sementara kita hanya mempunyai pemerima radio FM, tentunya tidak bisa.

Ciri-ciri Radio FM adalah :
a.     Daya jangkauan gelombangnya pendek/ sempit
b.     Suaranya sangat jernih
c.      Menggunakan gelombang langsung atau gelombang bumi
d.     tidak terganggu oleh cuaca

3.      Penerima Radio AM dan FM
Pemerima Radio AM dan FM yaitu radio yang dapat menerima gelombang yang berasal dari pemancar AM dan FM. Jadi sebuah radio dapat sekaligus menerima gelombang AM maupun FM.

0 komentar:

Posting Komentar